Saturday, March 26, 2011

Metode Induced Polarization (polarisasi terimbas)

Dalam postingan terdahulu, saya telah menjelaskan pengenalan dari metode geolistrik. Sekarang akan saya paparkan tentang salah satu metode yang menggunakan arus buatan, polarisasi terimbas.
Ketika arus yang digunakan dalam penelusuran atau survei geolistrik resistivitas dimatikan, tegangan yang terjadi diantara dua titik yang digunakan untuk menentukan beda potensial tidak akan turun dengan cepat (langsung hilang), akan tetapi akan ada sedikit cadangan tegangan yang turun secara perlahan. Hal ini juga berlaku ketika arus dihidupkan, secara tidak langsung akan terjadi peristiwa yang hampir sama. Peristiwa itulah yang menjadikan adanya Induced Polarization (polarisasi terimbas) di dalam tanah.
Metode IP pada hakekatnya adalah pengembangan lebih lanjut dari metode tahanan jenis yang mampu memberikan informasi tambahan ketika tidak ditemukan kontras tahanan jenis yang memadai. Metode ini merupakan pengembangan dari metode tahanan jenis dengan teknis pengukurannya relatif serupa dengan pengukuran tahanan jenis. IP biasanya digunakan oleh bidang geofisika untuk mencari mineral dan simpanan air. Dalam pencarian simpanan mineral, anomaly IP berfungsi untuk menunjukkan bahwa penemuan dari penyimpanan air. IP baru-baru ini juga bisa menjadi sebuah solusi populer untuk mencari sumber dari kontaminasi minyak di dalam air.
Semakin lama-semakin membingungkan ya.. Jika terdapat kesalahan dalam penjelasan ini, dimohon untuk sharing ya..terimakasih...

No comments:

Post a Comment