Saturday, March 26, 2011

Metode Geolistrik Tahanan Jenis (Resistivitas) 1

Konsep pengukuran metode geolistrik  tahanan jenis adalah dengan menginjeksikan arus listrik ke dalam bumi melalui dua elektroda arus (dalam kawasan ini, saya kasih simbol A dan B). Kemudian beda  potensial yang terjadi diukur melalui  dua elektroda potensial (dalam kawasan ini, saya kasih simbol M dan N).
Dengan adanya aliran arus listrik tersebut, maka akan menimbulkan tegangan listrik di dalam bumi. Tegangan listrik di dalam bumi bisa dideteksi melalui permukaan, diukur dengan menggunakan multimeter yang terhubung melalui 2 buah elektroda tegangan M dan N di mana jaraknya lebih pendek dari pada jarak elektroda arus A dan B. Ketika jarak elektroda AB diubah menjadi lebih besar maka akan menyebabkan tegangan listrik yang terjadi pada elektroda MN ikut berubah sesuai dengan informasi jenis batuan yang ikut terinjeksi arus listrik pada kedalaman yang lebih dalam. Asumsinya bahwa kedalaman lapisan batuan yang bisa ditembus oleh arus listrik ini sama dengan separuh dari jarak AB atau lebih dikenal dengan AB/2, sehingga dapat diperkirakan pengaruh dari injeksi aliran arus listrik ini akan berbentuk setengah bola dengan jari-jari bola AB/2. Dari hasil pengukuran arus dan beda potensial untuk setiap jarak elektroda tertentu, dapat ditentukan variasi harga hambatan jenis masing-masing lapisan di bawah titik ukur. Pendeteksian di atas permukaan meliputi pengukuran medan potensial, arus dan elektromagnetik yang terjadi secara alamiah maupun akibat penginjeksian arus ke dalam bumi.
Dari hasil pengukuran arus  dan beda potensial untuk tiap jarak elektroda  yang berbeda kemudian  dapat diturunkan variasi hambatan jenis masing-masing lapisan di bawah titik ukur (sounding point). 
Metode ini lebih efektif  jika digunakan untuk eksplorasi yang sifatnya dangkal, jarang memberikan  informasi lapisan di kedalaman lebih dari 1000 atau 1500 feet. Oleh karena itu metode ini jarang digunakan untuk eksplorasi minyak tetapi lebih banyak digunakan dalam bidang engineering geology seperti  penentuan kedalaman batuan dasar, pencarian reservoir air, juga digunakan dalam eksplorasi  geothermal. 
Berdasarkan letak (konfigurasi) elektroda-elektroda potensial dan elektroda-elektroda arus, dikenal beberapa jenis metode resistivitas tahanan jenis yaitu antara lain : 
- Metode  schlumberger 
- Metode  wenner 
- Metode  pole-dipole 
- Metode  dipole-dipole

No comments:

Post a Comment